Minggu, 17 April 2011

CINTA TAK HARUS MEMILIKI karya Nurzila Binti Sahir

Mata Viona menatap lurus ke depan. Sesekali mata indah itu meneteskan bulir-bulir air mata dan tangannya pun dengan cepat menyekanya. “Cengeng..!!”ujarnya pada diri sindiri. Sejauh mata memandang hanya kegelapan yang tergambarkan. Gelap dan dingin mencekam tubuhnya. Malam itu Viona sulit memejamkan mata dan memutuskan untuk merenung sendirian di teras depan rumahnya. Tanpa ia sadari, sepasang mata dari tadi memperhatikan gerak-geriknya di balik pintu.
“Sampai kapan lo mau kayak gini Vi?”
Suara lembut Ayu membuyarkan lamunan Viona. Ayu melangkah mendekati sahabatnya itu.
“Eh Ayu… lo ngagetin gue aja. Kok lo belom tidur sih?”tanya Viona mengalihkan pembicaraan.
“Apa gue bisa tidur tenang tanpa si tuan rumah ini di samping gue…? Kebangetan lo Vi, masak gue ditinggal sendirian di kamar.”kata Ayu mendumel geram.
Ayu duduk di samping Viona sambil membuang pandangannya jauh ke depan.
“Maaf Yu, gue gak bisa tidur makanya gue keluar.”
“Yayaya… maaf diterima. BTW, nyokap bokap lo berapa lama lagi bakalan balik ke sini? Lama banget sih mereka di Jawa..?!”
“Tiga hari hari mungkin…”
“Berarti gue nginep di sini tiga hari lagi dong..?!”
“Yuuupzz.. that’s right..”
Mereka berdua terdiam sejenak dan sibuk dengan pikiran masing-masing. Ayu membenarkan cara duduknya kemudian menatap tajam mata Viona.
“Udah cukup basa-basinya. Gue mau nanya sesuatu ama lo. Sampe kapan lo mau kayak gini Vi?”
“……….” Viona terdiam mendengar pertanyaan sahabatnya itu.
“Jawab Vi…!!”
“Sampe dia sadar ama perasaan gue Yu.”
“Viona, lo tu yang harus nyadar. Gio tu gak mungkin bisa balik lagi ama lo. That’s imposible. Nyadar dong Vi..!!”
“Gue gak pernah berharap dia bisa balik lagi ama gue Yu. Gue cuma mau dia tau tentang perasaan gue ke dia selama ini. Itu aja udah cukup..!!”
Viona meneteskan air mata. Ayu mulai jengkel melihat tingkah sahabatnya itu.
“Lo sadar gak sih, apa yang buat Gio gak mau balik lagi ama lo..?!”
“Ya, gue sadar. Gue tau Yu. Dulu gue udah nyia-nyiain dia. Gue berpaling dari dia cuma buat Steve. Padahal dia tu cinta banget ama gue. Steve cowok brengsek yang awalnya sayang ama gue, ternyata ujung-ujungnya selingkuh juga ama Tia, sahabat kita. Lengkap sudah penderitaan gue Yu.”
Viona tak mampu melanjutkan kata-katanya. Suaranya tenggelam dalam isak tangis. Ayu hanya menatapnya tanpa reaksi sedikitpun.
“Gue nyesel Yu. Nyeseeeelllll…….. gue tau ini karma dari tuhan buat gue…”
“Percuma Vi. Penyesalan lo gak bakalan berpengaruh apapun buat Gio. Dia udah benci banget ama lo. Percaya deh ama gue..!!”
“Gue gak peduli. Gue bakalan tetep cinta ama dia. Gue mau nunggu dia sampai kapan pun..”
Suara tangis Viona tambah jelas. Ayu luluh kemudian memeluk tubuh sahabatnya itu dengan erat.
“Lupain Gio. Lupain dia Viona..!!” bisik Ayu di telinga Viona.
“Gak. Gak bakalan Yu..”
“Please Vi. Gue mohon ama lo..”
“Please Yu. Jangan paksa gue buat ngelupaen dia.”
Mereka berdua larut dalam perasaan masing-masing. Viona terus-menerus menangisi penyesalannya. Sebuah harapan besar ia sematkan dalam hati.
harapan untuk bisa meraih hati Gio kembali. Ayu hanya mampu pasrah menyaksikan penderitaan sahabatnya itu. Tak ada yang bisa ia lakukan untuk mengabulkan harapan Viona. Biar waktu yang menjawab, apakah harapan itu akan menjadi kenyataan suatu hari nanti?

Siang itu mata Viona terasa amat berat. Bagaimana tidak, semalaman dia begadang bersama Ayu. Viona terus berusaha untuk mencerna pelajaran yang di berikan oleh Ibu Riri, guru pelajaran Fisika. Namun , tak ada satu rumus pun yang mampu singgah di otaknya.
“Vio…Viona….”
Terdengar suara lembut setengah berbisik memanggilnya dari belakang. Viona pun menoleh perlahan.
“Ada apa?”
“Ntar pas pulang sekolah gue mau cerita sesuatu ama lo. Ini tentang Gio.” kata Tia berbisik.
Persahabatan Viona, Ayu, dan Tia berjalan baik-baik saja dan tak akan pernah berakhir. Walaupun dulu Tia telah terbukti merebut Steve dari Viona. Bagi mereka, hilang pacar lebih baik daripada hilang seorang sahabat.
“Tentang Gio?? Kenapa dengan Gio??” tanya Viona penasaran.
“Viona..!!!”
Sekonyong-konyong tubuh Viona langsung bergetar dahsyat. Dia amat kenal dengan suara garang itu. Suara guru killer yang sedang mengajarnya.
“Maju kamu..!!!” bentak Ibu Riri.
“Ii..iya Bu’..”
Viona melangkah gontai ke depan. Terdengar bisik-bisik iseng dari teman-teman sekelasnya. Entah hukuman apa yang akan menimpanya sekarang.
“Kerjakan pertanyaan nomer 1 sampai 3 di papan..!!”
“Haaaaa..??” Viona ternganga.
“Haa…hee..haa..hee.. cepat kerjakan..!!”
“Iya Bu’…”
Viona mengerjakan soal-soal Fisika yang terpampang di papan tulis. Untuk murid sejenius Viona, hanya butuh waktu 5 menit untuk menjawab semua pertanyaan itu. Viona memang di kenal dengan kejeniusannya, walaupun dia sering malas memperhatikan gurunya yang sedang mengajar di kelas.

Bel pulang sekolah berbunyi. Viona dan Tina memasukkan buku pelajaran mereka ke dalam tas masing-masing. Kelas sudah sepi, hanya ada mereka berdua di sana.
“Ceritain gue sekarang..”pinta Viona sambil menarik tangan Tia untuk duduk di sampingnya.
“Yayaya… gak sabaran banget sih lo…”
“Ihhh.. bawel. Cepetan..”
“Gini, tadi malem gue SMS-an ama Gio. Gue nanya-nanya tentang kuliahnya di Jakarta gitu deh. Mmmm… gue juga nanya masalah kisah asmaranya…”
“Trus..truss.. kapan dia mau balik ke Bandung? Sapa pacar Gio sekarang?”
“Dia mau pindah kuliah ke Bandung katanya..”
“Wooww.. asiiikkkk… Gio pindah ke Bandung. Yes.. Yes.. gak jarak jauh lagi deh..!! truss…. Sapa pacarnya??”
“Katanya… dia… dia…mmmm…….”
“Dia kenapa Tia?? Sapa pacarnya? Cepetan kasi tau..!!”
“Dia lagi PDKT ama anak sekolah kita Vi..”
“Haaaaa??? Anak sekolah kita? Sapa? Bukannya dia udah punya pacar di Jakarta? Kalok gak salah namanya tu Wiliy..”
“Dia udah putus ama Wiliy. Gio bilang, Wiliy tu cewek matre..”
“Hahaha.. kasian Gio..”
“Kok lo malah ketawa sih Vi. Seharusnya lo sedih dong..”
“Ngapain gue harus sedih?”
“Gio kan lagi PDKT ama anak sekolah kita Vi..!!”
“Oooo…..”
Viona hanya menjawab singkat. Dia tersenyum sendiri mendengar kekhawatiran sahabatnya itu. Hatinya pun berkata…..
“Hahaha.. addduhhh.. lo bego amat sih Tia..!! Gio tu lagi PDKT ama gue kale. Gue udah lama SMS-an ama Gio, tapi gue gak tau apa dia sadar ama perasaan gue ke dia selama ini. Gue juga bingung. Ayu bilang kalok Gio udah benci banget ama gue, tapi kenapa sikap Gio baik-baik aja ke gue..?? ahhh.. bodo..!! yang penting gue bisa lancar SMS-an ama dia. Yah,, walaupun di tiap SMS-nya tu selalu ngebahas masalah pacarnya, gebetannya, kenalan barunya dan banyak lagi, huuuhh… dia gak nyadar kalok itu semua nyakitin perasaan gue banget. Tapi di satu sisi gue bersyukur, setelah 6 bulan gue putus komunikasi ama dia, akhirnya semenjak sebulan yang lalu gue ngeberaniin diri buat SMS dia duluan, oh my god…!!! Gio ngerespon SMS gue..!! gue seneng bangettttt….”
“Viona..!!”bentak Tia yang mulai merasa aneh di tinggal melamun oleh Viona.
“Aaaa.. iya..?”tanya Viona kaget.
“Lo kok bengong sih??”
‘Ooo.. gak ada. Gue cuma…Cuma… mmmm… gak jadi deh..!!!”
“Kenapa sih lo? Gila??Tambah aneh aja lo..!!”
“Biarin… hehe..”
“Idiiihhh.. sahabat gue kok stress gini sih? Apa gara-gara Gio??”
“Mmmm….may be..”
“Ihhh..nyebelin banget sih lo?!”
“Masak???”
Viona berlari ke luar kelas. Tia mengejarnya sambil menjerit memanggil nama Viona dengan keras.

Kamar Viona tak pernah rapi semenjak Ayu menginap di rumahnya. Buku, bantal, selimut, dan boneka berserakan tak karuan. Viona yang sedang asyik membaca novel di kursi belajarnya tiba-tiba terperanjat mendengar suara Ayu yang tertawa cekikikan.
“Ayuuuuu..!!”bentak Viona dengan wajah sebelnya.
“Mmmm.. iya..? kenapa?”tanya Ayu kebingungan.
“Lo kenapa sih ketawa-ketiwi gak jelas kayak gitu?? Gila lo ya?? Asik banget baca SMS-nya..!!”
“Sorry..sorry… ya nih. Asik banget SMS-an ama anak nih. Gokil dan gombal banget tau gak..!!”
Tak henti-hentinya jari-jemari Ayu mengetik kata demi kata di tombol-tombol handphone-nya. Setiap ada pesan yang masuk, suara tawa Ayu langsung membelah kesunyian rumah Viona.
“Emang lo lagi SMS-an ama sapa sih?”
“Ada deh Vi.. rahasia..”
“Huuuuh,,, ya udah. Gue mau SMS-an juga ahh..!!”
Viona langsung meraih handphone-nya yang tertindih di bawah bantal. Tangannya mulai mengetik dengan cepat.
Viona
Malem Gio..!! >_<
Pesan itu terkirim dengan cepat. Viona tersenyum kemudian meraih novelnya yang di lepaskannya tadi.
“Lo SMS-an ama sapa Vi?” tanya Ayu membelah kesunyian.
“Ada deh. Rahasia..!”
“Dasarrrrr…!!”
Beberapa menit kemudian, handphone Viona bergetar menandakan ada pesan singkat yang masuk. Viona langsung membuka pesan itu.
Gio
Sorry Vi, gue telat balesnya. Gue lagi sibuk ngerjain tugas kampus nih. Malem ni kita gak SMS-an gak apa-apa kan Vi?? Maaf banget ya.
Viona
Ya, gak apa-apa kok. Sorry gue ganggu. Lanjutin dah. Semangat yah..!!
Viona berdiri kemudian menghempaskan tubuhnya di atas tempat tidur. Ayu berbaring terlentang di sampingnya. Mata Viona pun melirik ke arah layar ponsel sahabatnya itu. “Kayaknya gue kenal ama nomer tu. Tapi nomernya sapa yah??”ujarnya dalam hati.
“Buseeeet lo Yu. Kotak masuk di Hp lo isinya dari nomer yang sama semua.”kata Viona terheran-heran.
“Ya iyalah. Gue kan SMS-an ama dia tiep hari Vi. Oh ya, lo gak jadi SMS-an??”tanya Ayu sambil melirik ke arah Viona yang mulai memejamkan mata.
“Gak. Dia lagi sibuk katanya. Gue tidur duluan ya Yu. Pegel banget ni mata.”
“Gila’. Mata lo hebat banget sih Vi. Tumben gue denger mata bisa pegel. Biasanya kan kaki yang pegel..!!”
Viona tak menyahut lelucon dari sahabatnya itu. Matanya terpejam, pikirannya telah menerawang ke alam mimpi. Tinggallah Ayu sendiri di temani Handphone-nya.

Bel berbunyi tiga kali, menandakan sudah waktunya untuk beristirahat. Para murid berhamburan di sana-sini. Murid di kelas IX IPA 2 tersisa hanya beberapa orang.
“Viona…!!”panggil Tika dengan suara yang lantang.
Viona yang baru saja melangkahkan kakinya ke luar kelas langsung menoleh ke arah sumber suara.
“Ada apa?”tanyanya singkat.
“Lo mau ke kantin?”
“Iya..”
“Gue ikut dong..”
“Ayok..”
Mereka berdua melangkah beriringan menuju ke kantin. Tia merasa heran melihat tingkah Viona yang mendadak pendiam hari itu.
“Viona?” sapa Tia.
“Mmmm.. ya? Kenapa?” tanya Viona sambil menatap wajah Tia.
“Hari ini lo kok pendiem banget sih? Lagi ada masalah?”
“Gak kenapa-napa kok. Kita cari tempat duduk dulu yok..”ajak Viona ketika sampai di kantin.
Mereka berdua memilih duduk di meja paling ujung, berhubung hanya meja itu yang belum terisi. Mereka pun memesan dua gelas jus jeruk kepada pelayan kantin itu.
“Tia, akhir-akhir ini lo masih sering SMS-an ama Gio gak??”tanya Viona tiba-tiba.
“Mmmm…gak juga. Terakhir kali gue SMS-an ama dia tu dua hari yang lalu. Emangnya napa Vi?”
“Kok dia gak pernah bales SMS aku ya sekarang? Sesibuk apa sih dia sampe-sampe gak ada waktu buat ngebales SMS gue?!”tanya Viona dalam hati.
“Viona??”sapa Tia sambil melambai-lambaikan tangannya di depan wajah Viona.
“Oh ya, sorry, gue ngelamun.Hmmm.. ada kabar baru tentang Gio gak?”
Wajah Tia tiba-tiba gelisah. Dia tertunduk. Entah apa yang tengah di sembunyikannya.
“Mmmm… gak ada Vi.”Tia berbohong.
“Serius gak ada?”tanya Viona curiga.
“Iii…iya Vi..”jawab Tia dengan gugup.
“Lo gak lagi nyembunyiin sesuatu kan?”
“Gak kok Vi..!! ngapaen juga gue boongin lo..”
“Okeee.. gue percaya ama lo..”
Viona langsung menyeruput jus jeruknya yang baru di antarkan oleh pelayan kantin. Tia pun melakukan hal yang serupa.
“Oh ya Viona, kok gue gak pernah ngeliat Ayu ya? Dia kemana sih? Ngilang aja kayak siluman.”tanya Tia.
“Palingan juga lagi SMS-an di toilet sekolah.”jawab Viona tanpa ekspresi.
“Haaaa? SMS-an di toilet sekolah? Emang dia udah berani bawa Hp ke sekolah? SMS-an ama sapa tu anak?”
“Yeeee.. emang dari dulu dia udah bawa Hp kale. Mmm… gue gak tau dia SMS-an ama sapa. Rahasia katanya.”
“Ooo.. gitu ya. Dasar tu anak udah mulai bandel..!!”
“Biarin aja lah… tumben ngerasain jatuh cinta tu anak …!!”
“Hehehe.. ya juga sih..!!”

Tidak seperti biasanya, siang itu Viona, Ayu dan Tia memutuskan untuk makan siang bersama setelah jam pulang sekolah. Tia yang kebetulan mendapatkan rejeki nomplok dari orang tuanya itu pun berinisiatif untuk menawarkan makan siang gratis di café untuk sahabat-sahabatnya itu.
“Eh Viona, gue nitip Hp gue bentar ya. Gue kebelet nih. Mau ke toilet bentar.”kata Ayu tiba-tiba.
“Ya udah, gue ama Tia nunggu di café biasa ya. Cepetan gih..!!”ujar Viona.
Beberapa saat kemudian, Viona dan Tia tiba di sebuah café mewah kebanggaan mereka. Tak banyak pengunjung di sana. Mungkin karena masih siang.
“Kita duduk di pojok aja yuk.”ajak Tia.
“Oke-oke aja..”ujar Viona.
Viona menghenyakkan tubuhnya di kursi sambil melepas lelah. AC di café itu benar-benar menimbulkan kenyamanan bagi para pengunjung. Design café yang elegan juga menenangkan pikiran setiap pengunjung yang sedang ruwet.Tiba-tiba Handphone Ayu bergetar.
1 Pesan Singkat
Kalimat singkat itu terpampang jelas di layar Handphone Ayu. “Aduuuuh.. ada SMS nih. Mmm.. gue buka gak ya? Kira-kira kalok gue buka SMS ni Ayu bakalan marah gak ya ama gue? Masak sih dia marah cuma gara-gara hal sepele kayak gini? Ahhh.. gak mungkin..!! gue buka aja ahh..!!”ujar Viona dalam hati.
My HoNeY_GiO
Ayankkkk… lagi dimana tuh yank?? Aku dah di Bandung nih. Ntar malem ayank udah gak nginep di rumahnya Viona kan? Berarti ntar malem kita jadi nge-date dong..!! asiiikkk..!! aku tunggu di café biasa ya sayanggg…. I LOVE YOU mmmmuaachh….. bye..!!
Bagai tersambar petir di siang hari, tubuh Viona bergetar setekah membaca pesan singkat itu. Handphone itu pun terlepas dari tangannya. “Gio? Jadi selama ini Ayu SMS-an ama Gio?!! Ayu pacaran ama Gio tanpa sepengetahuan gue? Gue ngerti kenapa Ayu maksa gue buat ngelupain Gio, ternyata Ayu punya maksud lain dari semua itu. Oh tuhan, apa salahku? Kenapa sahabatku sendiri tega ngelakuin semua ini padaku? Setelah Steve di rebut oleh Tia, sekarang Gio pun berhasil di rebut oleh Ayu. Alangkah baiknya kedua sahabatku itu..!!Tuhan, apakah ini semacam kutukan untukku karna telah menyia-nyiakan orang yang benar-benar mencintaiku dulu??!! Maafkan aku tuhan…masihkah kau membukakan pintu maaf itu untuk hambamu ini??”itulah pinta sekaligus tanya Viona dalam hatinya yang telah hancur. Matanya memanas. Sungai kecil tampak mengalir di pipi mulusnya. Tia kaget melihat sahabatnya yang tiba-tiba menangis histeris.
“Viona , lo kenapa?”tanya Tia khawatir.
Tak ada sepatah kata pun yang mampu terucap dari bibirnya. Dadanya sesak dan tubuhnya pun lemas melihat Ayu yang kini berdiri di sampingnya.
“Lhoh?? Viona? Lo kok nangis? Kenapa?” tanya Ayu kebingungan.
“Maafin gue ya Yu. Gue udah lancang ngebaca SMS lo barusan. Lo mau kan maafin gue? Lo gak marah kan ama gue?”tanya Viona sambil menangis.
“Maksud lo? SMS dari sapa Vi??”tanya Ayu sambil meraih Handphone-nya yang tergeletak di lantai.
“Selamet yah. Lo udah jadian ama Gio. Gue turut bahagia.Gue….. gue titip cinta gue buat Gio ke lo ya Yu. Jagain dia baik-baik. Jangan pernah lo nyakitin dia. Gue gak mau dia sakit gara-gara cinta lagi Yu. Gue percaya, lo lebih paham arti mencintai dan dicintai, lo lebih bisa menghargai dan mengerti, lo lebih, lebih, dan lebih baik dari gue. Dan gue harap, cinta lo ke Gio lebih besar daripada cinta gue ke dia…”
Tak henti-hentinya Viona menangis. Tia yang dari tadi hanya terdiam pun akhirnya mengerti apa yang menjadi pokok permasalahannya sekarang. Sebenarnya Tia telah mengetahui semua itu sejak lama, tepatnya sejak sebulan yang lalu saat Gio dan Ayu memutuskan untuk pacaran diam-diam. Gio lah yang menceritakan semua itu padanya. Namun Tia menyembunyikannya dari Viona dan menunggu saat yang tepat untuk memberitahukan semuanya.
“Viona, maafin gue yang udah ngerahsiain ini dari lo. Gue cuma nunggu waktu yang tepat buat ngungkapin semuanya. Maafin gue..”kata Tia sambil memegang tangan Viona.
“Gue juga pengen minta maaf ama lo Vi. Maaf gue udah ngerampas Gio dari lo. Ini semua karna gue juga sayang ama dia…!! mungkin rasa sayang gue sama besarnya ama rasa sayang lo ke Gio…”
“Ayu..!! jangan pernah bilang “MUNGKIN”…!! Lo harus yakin kalok rasa sayang lo tu sama besarnya ama rasa sayang gue ke dia. Please Yu…. Gue pengen liat Gio bahagia ama orang yang dia cintai. Gue percaya ama lo…!! Dan sekarang gue sadar, cinta tak harus memiliki..!!! gue ikhlas asalkan kalian bahagia…. Gue ikhlas….!!”
Bibir Viona mengukir senyum pahit. Mereka bertiga pun berpelukan. Kata orang, persahabatan itu lebih berharga dari apapun. Benar atau tidaknya entahlah… Walaupun hati Viona telah hancur berkeping-keping, tapi dia tidak akan menunjukkannya pada Tia dan Ayu, bahkan mungkin orang lain. Baginya, kebahagiaan boleh di bagi, tetapi kesedihan cukup di pendam sendiri. Sungguh prinsip yang aneh namun tetap di terapkannya. “Gio, tujuh bulan gue nunggu lo dan ternyata gak ada yang bisa gue dapetin dari lo. Apa butuh waktu tujuh tahun buat lo sadar betapa besarnya rasa cinta gue ke lo??? Atau mungkin sampe gak ada waktu yang tersisa buat gue bilang kalok gue cinta ama lo.. Gue janji, cinta ini hanya buat lo walaupun cinta lo gak bakalan pernah buat gue….!! Gue ikhlas demi kebahagiaan lo..!!”

Jika kebahagiaannya bukan aku yang pantas persembahkan,
Ikhlasku penuh kan merelakannya,
Jika cintaku hanya teteskan air matanya,
Mungkin dengan air mataku dia bisa mengukir senyuman,
Tak mengapa asal dia bahagia,
Tak peduli apakah aku terluka,
karena hanya dengan tawanya,
Aku merasa sedikit bermakna,
Walaupun baginya,
Aku bukanlah apa-apa,
Aku bukan siapa-siapa….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUAT TEMAN-TEMAN SEMASA SMAKU, AKU MENCINTAI KALIAN.