Selasa, 08 Mei 2012

Pengetahuan Dasar Tentang Virus Komputer

Virus merupakan suatu aplikasi pada satu sistem yang bersifat merusak dan mencuri data. Tentu sobat akan merasa kesal bila komputer/laptop sobat terkena virus dan ada sebagian data yang rusak atau hilang. Mungkin tepatnya bukan kesal, tapi huuaaaaa ngamuk, pengen lembar itu komputer biar virusnya mati. Sudah menjalankan antivirus tapi tidak mempan. Mungkin pengetahuan dasar tentang virus komputer dapat membantu sobat semua.

Virus komputer bukan mahluk hidup, tetapi hanya sebuah program yang membutuhkan bantuan manusia untuk mengaktifkannya. Mereka hanya menunggu kecerobohan pengguna untuk mengaktifkannya. Kita mengira itu hanya sebuah file atau folder biasa, padahal itu adala virus yang menggunakan teknik menyamar. Jika tidak kita klik (aktifkan) virus itu, mereka merupakan file yang tidak berbahaya. Jadi hati-hatilah jika menemukan file atau folder yang tak dikenal ada di komputer kita. Jangan asal main klak klik saja.

Lalu, bagaimana cara untuk mengenali suatu virus komputer? Setiap virus menmpunyai cara tersendiri untuk mengelabui user komputer. Mungkin salah satunya yang pernah saya temukan, sebuah virus yang ber-icon gambar. Padahal setelah dilihat dengan sekasama, file itu tidak berekstensi jpg atau JPEG atau format-format gambar secara umumnya, tapi file itu berformat .exe yang berarti itu adalah sebuah program atau aplikasi. Dengan sobat mengklik program tersebut, berarti sobat sudah menjalankan program itu, dan pada akhirnya beraksilah si virus mengoyak komputer kita.

Biasanya virus berekstensi *.inf , *.ini , .htt , *.bat , dll. Lalu bagaimana cara mengetahui ekstensi dari sebuah file atau folder. Sobat bisa klik kanan pada sebuah file atau folder, lalu pilih properties. Atau cara lebih mudahnya, pada windows explorer, klik more option (yang ada di pojok kanan) lalu pilih tiles. Disana jelas terlihat mana file yang merupakan file, folder, atau program(aplikasi). semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUAT TEMAN-TEMAN SEMASA SMAKU, AKU MENCINTAI KALIAN.